close

Untuk Latihan Blog Unik! Cara Guru Semangati Muridnya Sebelum Masuk Kelas

blogger templates
Jakarta - Tiap guru punya cara sendiri-sendiri dalam menyemangati muridnya sebelum mereka masuk kelas dan belajar dengan baik. Nah, begitu juga dengan guru yang satu ini. Dia punya cara unik untuk menyemangati murid-muridnya. Dan fenomena seperti ini sepertinya masih jarang ya kita temukan, Bun.

Dalam sebuah akun Instagram, ditemukan video seorang guru memberi 'salam kompak' pada semua muridnya di depan pintu ruang kelas. Saat sang ketua kelas selesai menyiapkan barisan, selanjutnya guru tersebut mengambil alih dan kemudian melakukan semacam hi-five yang khas pada tiap anak perempuan dan laki-laki. 

Jika muridnya perempuan selesai melakukan hi-five sang guru tak lupa membelai si murid seraya membisikkan semacam kalimat penyemangat. Sedangkan untuk anak laki-laki selesai hi-five, si guru langsung memeluknya. Wah, keren banget ya guru yang diketahui bernama Muhammad Arsyad, dari Kalimantan Utara ini.





Psikolog anak dan remaja dari Tiga Generasi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan pada dasarnya guru merupakan perpanjangan tangan orang tua di sekolah. Jadi, guru pun harus memberikan rasa aman dan nyaman ke anak-anak sehingga guru juga harus punya pendekatan yang memang tepat untuk anak-anak.

"Dengan ritual tos sebelum masuk seperti ini bisa jadi salah satu cara untuk mendekatkan hubungan guru dengan tiap anak karena pasti tiap tos kan beda-beda," kata Vera saat ngobrol dengan HaiBunda.

Vera menambahkan hal seperti ini juga membangkitkan semangat anak-anak. Karena dimulai dengan sesuatu yang menyenangkan dan nggak langsung belajar anak bisa jadi semangat saat belajar. Ya, ibaratnya seperti warming up alias pemanasan untuk anak, Bun.

Menurut Bunda, gimana dengan kebiasaan tos alias hi-five sebelum masuk kelas yang dilakukan guru pada muridnya?

(rdn/vit)

0 Response to "Untuk Latihan Blog Unik! Cara Guru Semangati Muridnya Sebelum Masuk Kelas"

Posting Komentar

×
Judul